Mengatur Waktu Belajar dan Bermain Anak Pada Usia Dini 1 - 5 Tahun

Mengatur Waktu Belajar dan Bermain Anak Pada Usia Dini 1 - 5 Tahun

Mengatur Waktu Belajar dan Bermain Anak Pada Usia Dini - Siapa yang mengatur belajar anak dan waktu bermain anak pada usia 1 - 5 tahun? Sulit, mungkin itu yang ada dirasakan oleh sebagian orang tua karena pada usia dini anak tidak mungkin dipaksa belajar secara fokus dan tepat waktu. Pada usia 1 - 5 tahun anak dalam proses pengenalan rasa ingin tahu yang besar. Mereka akan mengabaikan semua yang disampaikan oleh orang tuanya karena mereka akan asyik dengan apa yang mereka lakukan.

Namun pada masa ini lah seorang ibu harus peka dengan keadaan anak karena pada masa ini tumbuh kembang anak berproses sangat baik. Anak akan melakukan apa yang dia temukan, anak akan melakukan apa saja yang dia dapatkan, yang baru dia ketahui atau mendapatkan hal-hal yang baru dalam kehidupan mereka. Jangan salah menanggapi dan membuat pemahaman yang keliru ketika anak melakukan hal-hal yang menurut orang tua. Selama perbuatan dan tindakan anak masih dalam keadaan aman dan tidak membahayakan anak, lakukan dan bimbing anak dengan baik dan jangan biarkan mereka melakukan sendiri.

Mengatur Waktu Belajar dan Bermain Anak Pada Usia Dini 1 - 5 Tahun

Mengatur Waktu Belajar dan Bermain Anak Pada Usia Dini 1 - 5 Tahun

Namun sayangnya ketika anak melakukan hal-hal yang menurut orang tua keliru padahal anak sedang dalam proses belajar, banyak orang tua yang melarang bahkan memarahi anak agar tidak melakukan hal-hal tersebut. Misalkan anak bermain pasir, anak bermain tanah, anak lompat-lompat diatas kasur, anak melompat-lompat diatas diatas kursi tamu, anak bermain air, anak mencorat coret tembok, anak mencorat coret kertas, anak mengeluarkan baju orang tua, anak membuka buku kerja orang tua, anak bermain-main di ruang kerja orang tua, dan sebagainya. Dan ternyata semua yang dilakukan oleh anak tersebut salah di mata orang tua.

Bukan, bukan seperti itu menilai perbuatan seorang anak yang masih kecil yang masih ingin tahu banyak hal dengan segala perbuatan yang dilakukannya. Jika Anda mendapati anak melakukan beberapa hal yang telah disebutkan diatas, itu artinya anak sedang belajar, anak sedang ingin tahu, dan anak sedang bermain. Anak-anak bukan sedang merusak atau membuat keadaan rumah berantakan tapi mereka sedang bereksplorasi dengan dunianya untuk mengenal, mengetahui dan memahami semua benda dan perbuatan yang mereka lakukan.

Pada tahap ini yang harus dilakukan oleh orang orang tua adalah membimbing dan memberikan arahan agar tumbuh kembang anak berjalan dengan baik. Memang pada usia dini atau usia 1 - 5 tahun, tumbuh kembang anak muncul dalam proses bermain ke proses belajar. Bukan dimulai dari proses belajar ke proses bermain.

Lantas Bagaimana Cara Mengatur Waktu Belajar dan Bermain Anak Pada Usia Dini 1 - 5 Tahun?
Pada usia dini atau di usia 1 - 5 tahun, hampir semua orang tua akan merasa kewalahan dengan tingkah laku anak-anak apalagi anak-anak yang super aktif membuat orang tua terkadang berubah menjadi emosi dan tidak sabaran dalam menghadapi anak-anak. Untuk mengatur waktu belajar dan bermain anak pada usia 1 - 5 tahun tentu sangat berbeda dengan anak-anak usia 7 tahun atau masa sekolah.

Pada usia dini yang harus dilakukan oleh orang tua dalam mengatur waktu bermain dan belajar anak adalah dengan menyediakan berbagai kebutuhan anak dan menempatkan kebutuhan anak tersebut pada waktu-waktu tertentu. Tentu saja kebutuhan anak pada usia dini ini sangat banyak namun sebagai orang tua, orang tua lah yang harus memfokuskan diri akan kebutuhan anak tersebut. Meskipun Anda mampu mencukupi semua kebutuhan anak namun belum tentu anak membutuhkan semua itu.

Perhatikan apa yang diinginkan anak dan yang menjadi prioritas anak, apa yang sering dilakukan anak, dan apa yang membuat anak menjadi senang dengan hal-hal yang dilakukan tersebut. Misalkan anak senang mencorat-coret tembak atau kertas kerja orang tua, belikan dia buku gambar dan pensil, bantulah anak menggambar objek yang sering mereka lihat. Misalnya menggambar seekor ayam, menggambar cecak, menggambar kursi atau hewan peliharaan mereka. Dengan cara ini tentu anak akan menjadi senang dalam mencorat-coret atau menggambar.

Dari kegiatan tersebut, anak tidak hanya mendapatkan apa yang mereka senangi tapi anak juga belajar menulis yang tertuang dalam gambar. Tahapan awal dari seorang anak dalam menulis adalah belajar menggambar. Karena dalam menggambar tersebut, anak akan menanyakan bentuk dari kata dari objek yang digambar tersebut. Misalnya menggambar kucing, maka sebagai orang tua akan memberi nama gambar tersebut dengan kata kucing.

Waktu Belajar dan Bermain
Pada usia dini hampir tidak batasan antara waktu bermain dan belajar yang dibutuhkan oleh anak karena pada tahapan ini seperti yang telah disebutkan diatas, anak tidak hanya belajar tapi juga bermain. Jadi 2 aktivitas ini sudah menjadi satu-kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Dalam bermain anak ada proses belajar, dalam belajar anak ada proses bermain.

Meskipun begitu tetap ada batasan yang harus dilakukan yaitu membagi antara waktu belajar-bermain dan istirahat anak. Dalam aktivitas bermain-belajarnya anak tetap membutuhkan waktu untuk istirahat. Kapan waktu yang tepat untuk beristirahat? Jangan menunggu anak capek atau bosan dengan waktu bermain-belajar mereka. Tapi buatlah jadwal yang tepat agar anak tidak kelelahan karena terlalu sering bermain atau belajar.

Untuk memastikan waktu istirahat yang tepat bagi anak adalah memberikan waktu yang tepat dalam belajar-bermain mereka. Karena pada usia dini atau pada usia 1 - 5 tahun setiap masih membutuhkan lebih banyak istirahat daripada bermain dan belajar. Atur waktu istirahat lebih banyak daripada bermain dan belajar. Cara ini memiliki maksud untuk melatih disiplin anak sejak usia dini. Dengan melatih disiplin sejak usia dini maka anak akan lebih dalam mengatur waktu bermain dan belajar saat usia sekolah atau pada usia Sekolah Dasar.

Jadi tidak ada jadwal yang pasti ketika anak masih berusia dini untuk proses belajar yang tepat dan fokus. Bagaimanapun seorang anak pada usia dini lebih pada aktivitas bermain. Sebagai orang tua, setidaknya Anda bisa memberikan peluang bersama pada waktu belajar anak yaitu ketika anak sedang bermain. Pada tahapan ini masih menggunakan istilah bermain untuk belajar dan belajar untuk bermain yang bisa melatih kedisiplinan anak sejak usia dini.

Pada artikel selanjutnya akan dibahas Mengatur Waktu Belajar dan Bermain Anak Pada Usia Dini 5 - 10 Tahun, silahkan ditunggu ya atau subscribe kami melalui email agar Anda segera mendapatkan artikel terbaru dari kami, Gratis!

Baca juga:

Buka Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan, hinaan dan SARA tidak akan ditampilkan atau menjadi tanggungjawab penulis komentar.
Blogger
Disqus
Diskusi yuks...

No comments