Apa Itu Anak Stunting? | Tips Anak Cerdas & Sehat
Apa Itu Anak Stunting?

Apa Itu Anak Stunting?

Apa Itu Anak Stunting? - Pernah mendengar atau membaca tentang anak stunting? Saat ini pemerintah sedang menggalakkan masalah anak stunting dan tentunya banyak sekali banner-banner kesehatan yang menyampaikan tentang stunting ini. Oleh karena itu, Anda tentu pernah melihat atau membaca sebuah banner yang terpasang bertuliskan anak stunting. Apa itu stunting? Stunting merupakan salah satu masalah kesehatan yang menimpa anak-anak atau bayi yaitu masalah kesehatan dalam pertumbuhan tubuh yang terhambat sehingga tinggi badan tidak sesuai atau tidak ideal pada usia anak atau bayi.

Apa Itu Anak Stunting
Apa Itu Anak Stunting?
Jadi anak stunting adalah masalah kesehatan yang dialami seorang anak akibat kekurangan nutrisi yang mengakibatkan pertumbuhan tubuh anak menjadi terhambat. Apakah anak stunting sama dengan anak dengan pertumbuhan kerdil? Tentu saja beda. Untuk mengetahui perbedaan keduanya, baca: Perbedaan Anak Stunting dan Tubuh Pendek yang Wajib Diketahui

Anak yang bertubuh gemuk atau gendut terkadang bisa terkena masalah stunting dan banyak orang tua yang terkadang salah menilai keadaan ini. Mereka beranggapan, anak gemuk adalah anak yang sehat. Padahal belum tentu. Untuk itu, untuk mengetahui apakah anak Anda terkena stunting atau tidak, lakukan pemeriksaan secara berkala di Posyandu atau pemenuhan gizi anak tetap terpantau dan terpenuhi secara adequat.

Selain melakukan pemeriksaan secara rutin, perlu juga diketahui beberapa tentang gejala stunting. Dengan mengetahui gejala stunting ini, kita bisa waspada dan perhatian terhadap tumbuh kembang anak:
  1. Anak mudah lelah tanpa sebab yang jelas.
  2. Anak mudah tersinggung dan marah.
  3. Anak kurang peduli terhadap lingkungan sekitar atau respon sosial.
  4. Anak cenderung memiliki wajah yang lebih muda.
  5. Itulah beberapa gejala anak stunting yang perlu diwaspadai. Lantas kapan gejala stunting ini muncul? Gejala penyakit ini terjadi pada saat bayi masih berusia 1 hari.
Oleh karena ini, mulai sekarang Ayoo berperilaku hidup bersih dan sehat. Khususnya kepada diri sendiri, anak-anak dan orang tua.

image by: netralnews.com

Baca juga:

Buka Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan, hinaan dan SARA tidak akan ditampilkan atau menjadi tanggungjawab penulis komentar.
Blogger
Disqus
Diskusi yuks...

No comments