Agar Anak Mudah & Bisa Membaca Sejak Usia Dini | Tips Anak Cerdas & Sehat
Agar Anak Mudah & Bisa Membaca Sejak Usia Dini

Agar Anak Mudah & Bisa Membaca Sejak Usia Dini

Agar Anak Mudah & Bisa Membaca Sejak Usia Dini - Dalam beberapa artikel kami telah membahas bagaimana cara agar anak mudah membaca, dari setiap artikel yang kami ulas memang ada beberapa strategi atau cara dalam memberikan pembelajaran atau bimbingan belajar kepada anak-anak. Dari setiap cara tersebut memang ada sedikit perbedaan atau bahkan persamaan dalam penerapannya. Jadi jangan heran jika ada beberapa artikel dengan ulasan yang sama namun memiliki beberapa perbedaan, karena selain itu kami selalu melakukan update terbaik pada artikel-artikel yang ada di blog ini agar Anda dan pengunjung setia blog ini bisa mendapatkan pengalaman yang terbaik dalam mendapatkan pengetahuan seputar anak.

Begitu juga pada artikel ini, mengajari membaca anak harus penuh kesabaran karena setiap anak memiliki pemahaman yang berbeda-beda dalam mendapatkan hal-hal baru, termasuk dalam membaca. Beberapa anak ada yang lebih cepat memahami kosakata dalam bacaan sehingga bisa membaca lebih mudah dan lancar. Mengajarkan kosakata pada setiap anak agar lebih cepat membaca sebenarnya tidaklah sulit, jika cara mengajarnya tepat dan benar.

Agar Anak Mudah & Bisa Membaca Sejak Usia Dini
Kapan Anak Belajar Membaca?
Usia anak yang akan masuk pendidikan anak usia dini (PAUD) atau taman kanak-kanak sangat baik untuk belajar membaca, menulis, berhitung dan lainnya. Pada usia ini, anak belum memiliki beban mental atau memikirkan hal-hal yang lain sehingga akan lebih mudah dalam memahami dan menangkap pelajaran yang disampaikan. Namun bukan berarti anak tidak memikirkan hal lainnya, mainan dan bermain adalah 2 hal yang selalu dipikirkan oleh anak-anak dalam keadaan apapun. Untuk itu, setiap orang tua harus mempunyai cara yang lebih kreatif saat mengajari anak membaca agar anak lebih senang dalam belajar. Meskipun dalam artikel ini ada beberapa cara, namun orang tua lah yang lebih memahami bagaimana karakter anak. Perlu diketahui, kunci utama dalam mendidik anak adalah: Anak lebih senang melakukan hal-hal dengan cara yang lebih menarik dan lebih mudah dipahami.

Agar Anak Mudah & Bisa Membaca Sejak Usia Dini

Perlu kami tekankan, saat memberikan pembelajaran kepada anak, apapun itu, jangan sekali-kali Anda memarahinya atau membuat anak berada dibawah tekanan karena cara tersebut akan membuat anak sangat sulit dalam belajar. Berikut ini cara mengajar agar anak mudah dan bisa membaca sejak usia dini.

1. Lebih Banyak Kosakata
Memberikan kosakata bukan berarti langsung menyiapkan banyak kosakata untuk anak-anak. Namun harus dilakukan bertahap atau satu per satu. Mulai lah dengan memberikan kosakata yang berasal dari lingkungan sekitar anak. Misalnya Buku, Meja, Kursi, Makanan, Piring, Kamar Mandi, Tempat Tidur, Televisi, Halaman Rumah, Dapur, Bunga, Kebun, dan sebagainya.

Dengan menggunakan kosakata yang ada disekitar anak, akan memudahkan anak dalam membaca dan menghafal. Jika anak sudah bisa membaca dan bahkan menghafal dengan kosakata-kosakata yang ada disekitar lingkungan anak, berikan kosakata-kosakata yang lain. Mulai dari kosakata yang memiliki 3 kata, 4 kata dan seterusnya, sehingga anak bisa membaca kata dalam bentuk kalimat.

2. Tempat Yang Menyenangkan
Bolehkah anak belajar di taman? Boleh. Namun untuk pelajaran tertentu saja anak bisa belajar di taman seperti pelajaran menggambar, bernyanyi dan bermain. Namun untuk belajar membaca tidak disarankan untuk belajar di taman atau ruang terbuka karena hal ini akan mengganggu konsentrasi anak. Taman memang tempat yang sangat menyenangkan namun untuk anak di usia dini jika belajar di taman maka mereka akan beranggapan akan ada permainan disana.

Untuk itu, agar anak mudah membaca pastikan anak tetap belajar didalam ruangan. Dan buatlah ruang belajar sangat nyaman.

3. Ajak Anak Bercerita
Agar anak lebih mudah dalam membaca, ajak anak untuk bercerita tentang kegiatan sehari-harinya dengan menulis. Dengan cara ini anak akan lebih mudah dalam mendapatkan kosakata-kosakata baru dan selain itu akan membuat anak lebih terampil dalam menulis.

4. Jangan Terlalu Memaksa
Seperti telah disinggung diatas, buat suasana belajar yang nyaman. Suasana belajar yang nyaman bukan hanya sekedar tempatnya tapi orangnya yang memberikan pembelajaran. Orang tua atau guru adalah orang pertama yang menjadi acuan berhasil tidaknya anak-anak dalam belajar. Orang tua atau guru harus lebih sabar saat mendidik anak dalam belajar, apalagi untuk anak-anak pada usia dini.

5. Buat Cara yang Menyenangkan
Ada berbagai cara yang bisa dilakukan dalam mengajari anak-anak membaca, apalagi untuk anak-anak di usia dini. Pada anak usia dini, pastinya akan suka dengan cara yang menyenangkan seperti menampilkan susunan abjad yang berwarna-warni. Dengan cara yang lebih menyenangkan akan membuat anak lebih semangat dalam belajar membaca dan akan membantu lebih mudah dalam mengingat apa yang sudah dibaca.

6. Memberi Nama Pada Benda
Salah satu cara yang sangat ampuh dan memudahkan anak dalam membaca adalah memberi nama pada benda. Dengan cara ini tidak hanya memudahkan anak dalam membaca tapi akan membantu anak dalam menghafal.

7. Ajarkan Membaca Sesering Mungkin
Perkembangan anak usia dini yaitu 4 tahun adalah masa atau waktu paling efektif untuk belajar membaca. Untuk itu, ajarkan membaca sesering mungkin kepada anak karena sangat bagus untuk mengumpulkan kosakata dan berbagai bentuk tulisan dan bacaan.

8. Membedakan Bunyi Bacaan
Pada keadaan tertentu anak akan mendapatkan bacaan dengan tulisan yang sama namun dengan bacaan yang berbeda. Misalkan sebuah kalimat atau kata yang menggunakan huruf E, yaitu "SATE". Banyak anak-anak yang membaca kata SATE dengan "SATE" atau "SATE".Untuk itu, ketika mengajari anak membaca, jangan setengah-setengah agar mereka lebih sempurna dalam belajar cara membaca yang baik dan benar.

9. Membaca Setiap Kata Yang Ditemukan Dijalan
Seorang anak ketika dia bisa melakukan sesuatu hal untuk pertama kalinya, maka dia akan selalu mengulang-ulangnya. Misalnya ketika anak bisa bersepeda, maka dia akan selalu bermain-main dengan sepedanya. Begitu juga dengan membaca, ketika anak sudah bisa membaca beberapa kata maka dimanapun dan kapanpun anak akan membaca kata atau kalimat yang dia temui atau yang dia lihat. Dan tak jarang dengan suara keras dia membaca kata tersebut.. bahkan ditempat umum.

10. Berikan Dukungan Agar Anak Lebih Semangat
Dukungan orang tua sangatlah penting dalam proses belajar anak, terutama setelah anak berhasil melakukan apa yang didapatkan. Benar atau salah yang dilakukan anak, selalu berikan yang terbaik. Ketika salah maka didik anak dengan baik agar mengetahui kesalahannya, jangan memarahi agar anak tidak down dalam belajar. Dukungan orang tua sangat membantu dalam meningkatkan rasa percaya diri pada anak.

Belajar membaca adalah ilmu yang harus dilakukan sejak usia dini. Mengajarkan membaca pada anak adalah saat mereka berusia 4-5 tahun karena pada usia ini perkembangan otak lebih mudah untuk menerima beberapa pembelajaran baru. Itulah 10 tips agar anak muda & bisa membaca sejak usia dini yang bisa kami sampaikan. Silahkan dicoba dan dikembangkan sesuai kebutuhan, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Buka Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan, hinaan dan SARA tidak akan ditampilkan atau menjadi tanggungjawab penulis komentar.
Blogger
Disqus
Diskusi yuks...

No comments