Meningkatkan Perkembangan Otak Anak Dengan 9 Prinsip Dasar Penting | Tips Anak Cerdas & Sehat
Meningkatkan Perkembangan Otak Anak Dengan 9 Prinsip Dasar Penting

Meningkatkan Perkembangan Otak Anak Dengan 9 Prinsip Dasar Penting

Meningkatkan Perkembangan Otak Anak Dengan 9 Prinsip Dasar Penting - Membantu anak dalam segala hal sangat baik, apalagi dalam masa tumbuh kembang mereka. Begitu juga dalam meningkatkan perkembangan otak anak, ada beberapa cara yang harus diperhatikan agar perkembangan otak menjadi maksimal.

Meningkatkan perkembangan otak anak dilakukan bertujuan agar anak bisa pintar, anak bisa mandiri, anak bisa mengetahui kemampuannya, anak bisa memahami apa yang di lihat dan akan dia lakukan. Nah dibawah ini ada 9 prinsip penting dalam meningkatkan perkembangan otak anak, silahkan disimak:

Meningkatkan Perkembangan Otak Anak Dengan 9 Prinsip Dasar Penting

Meningkatkan Perkembangan Otak Anak Dengan 9 Prinsip Dasar Penting

1. Seringlah Melakukan Sentuhan Fisik
Dengan melakukan sentuha fisik dari orang tua yaitu ayah dan ibu, anak akan mendapatkan rasa nyaman, aman dan dapat membentuk ikatan bathin yang lebih erat. Cara ini sangat membantu perkembangan emosi dan perkembangan otak anak.

2. Bantulah Anak Menggunakan Panca Inderanya
Memberikan dan menujukkan berbaga macam rasa dan rangsangan sensori dapat membantu merangsang seluruh respon pada otak. Dengan cara ini akan akan mengenal berbagai macam pola perilaku.

3. Perhatikan Kebiasaan Makan Dengan Benar
Jika anak memilih makan makanan yang dia sukai saja selama ini, lebih baik segera dirubah. Karena membatasi makanan yang dikonsumsi akan membatasi jumlah nutrisi yang dibutuhkan otak. Sehingga perkembangan otak juga tidak kamsimal.

4. Bantulah Anak Agar Tidur/Istirahat Cukup
Otak juga butuh istirahat. Untuk itu jika anak Anda terlalu sering dibiarkan bermain, maka otak akan mudah lelah karena sudah terpakai bersama aktivitas anak.

5. Jangan Terlalu Sering Melihat Media Visual
Mesia visual seperti televisi atau ponsel memberi banyak rangsangan kepada anak. Rangsangan yang diterima oleh anak ini biasanya terlalu cepat, sehingga otak yang mengolah informasi tidak mampu memberikan rangsangan yang baik pada anak.

Sehingga anak bukannya memahami info yang dia dapatkan dari media visual tersebut tapi akan mengurangi kemampuan anak untuk memahami yang sebenarnya.

Saat ini banyak sekali orang tua yang lebih memberikan ponsel dari pada sebuah mainan dari kertas.

6. Bantulah Anak Menggunakan Tangannya
Bagian otak yang mengendalikan tangan sangat penting. Jika anak sering menggunakan tanagn, maka respon otak akan sangat baik sehingga akan membantu perkembangan motorik anak dan perkembangan otak yang lainnya termasuk perkembangan motorik kasar.

7. Mengajarkan Anak Tata Krama, Karakter, Pendidikan Moral Pada Usia 3 - 6 Tahun
Pada usia ini sangant penting dalam mendidika anak tentang tentang tata krama dan pembentukan karakter anak. Karena pada usia ini perkembangan lobus frontal pada otak mulai berkembang dengan sangat baik.

8. Perluaslah Pengalaman Pada Usia 3 - 6 Tahun
Anak berpikir dari pengalaman yang dia dapatkan. Bukan hanya dari teori atau pengetahuan tapi pengalaman langsung yang dia dapatkan akan membuat anak menjadi lebih tahu dan tentunya ini akan mempengaruhi perkembangan otak anak.

9. Berilah Banyak Kesempatan Untuk Berimajinasi & Bercerita Bermacam Hal
Jika anak banyak bercerita, maka anak akan berpikir dan berimajinasi akan cerita tersebut dan cara ini sangat baik untuk perkembangan otak anak.

Semoga 9 prinsip meningkatkan perkembangan otak anak diatas bisa memberikan pemahaman kepada Anda dalam mendidik dan membimbing anak-anak. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Buka Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan, hinaan dan SARA tidak akan ditampilkan atau menjadi tanggungjawab penulis komentar.
Blogger
Disqus
Diskusi yuks...

No comments