Lama Waktu Tidur atau Istirahat Anak Sesuai Usia/Umur | Tips Anak Cerdas & Sehat
Lama Waktu Tidur atau Istirahat Anak Sesuai Usia/Umur

Lama Waktu Tidur atau Istirahat Anak Sesuai Usia/Umur

Lama Waktu Tidur atau Istirahat Anak Sesuai Usia/Umur - Berapa lama waktu tidur atau istirahat yang dibutuhkan oleh seorang anak? Pertanyaan ini sering kita cari tahu jawabannya. Namun terkadang sebagai orang tua kita terlalu sering membiarkan anak-anak kita bermain, bahkan belajar terus. Sehingga melupakan kebutuhan istirahat anak. Bahkan ada yang membiarkan anak tidur terlalu lama dengan alasan yang bermacam-macam.

Lama waktu tidur atau istirahat anak memang tergantung dari kebutuhan anak itu sendiri, meskipun dari faktor usia sangat menentukan namun faktor kesehatan juga perlu diperhatikan. Ketika anak sakit, tentunya membutuhkan waktu istirahat yang lebih banyak. Selain itu, faktor dari aktivitas sehari-hari juga mempengaruhi kebutuhan waktu tidur dan istirahat anak.

Lama Waktu Tidur atau Istirahat Anak Sesuai Usia/Umur
Namun bagaimanapun tidur yang cukup adalah salah satu syarat yang sangat penting untuk menjaga kesehatan. Khususnya anak, waktu tidur atau istirahat sangat dibutuhkan terutama saat tidur siang. Tidur bukan hanya untuk menjaga anak dari kelelahan, tapi juga mendidik anak untuk disiplin waktu dan untuk menjaga agar anak lebih mudah tidur di malam hari.

Lama Waktu Tidur atau Istirahat Anak Sesuai Usia/Umur

Kebutuhan tidur atau istirahat anak memang berbeda dengan anak yang lainnya. Diambil dari berbagai sumber, berikut kebutuhan lama waktu tidur atau istirahat anak sesuai usia/umur mereka:
  1. Usia 0 - 6 Bulan : Anak (bayi) membutuhkan waktu tidur 16 - 20 jam perhari.
  2. Usia 6 - 12 Bulan : Anak (bayi) pada usia ini membutuhkan tidur siang selama 3 - 4 jam dan tidur 11 jam di malam hari.
  3. Usia 1 - 3 Tahun : Anak (balita) pada usia ini tidur 10 - 13 jam, termasuk tidur siang 1 - 3 jam.
  4. Usia 3 - 5 Tahun : Anak (balita) pada usia ini membutuhkan waktu tidur 10 - 12 jam sehari.
  5. Usia 6 - 13 Tahun : Anak membutuhkan waktu tidur 9 - 11 jam per hari.
  6. Usia 14 - 17 Tahun : Anak membutuhkan tidur 8 - 10 jam per hari.
Membuat anak tidur terkadang menjadi salah satu pekerjaan ekstra buat orang tua karena kebanyakan anak yang sudah belajar bermain diluar akan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain. Namun begitu terkadang banyak orang tua yang senang jika anak-anaknya bermain sehingga orang tua tidak terlalu terganggu dengan anak-anak dan bisa beristirahat.

Tapi ada juga orang tua yang malah membiarkan anak tidur berjam-jam karena juga merasa senang, aktivitas mereka tidak diganggu oleh anak-anak. Hmmm... Pernahkan bunda mengalami seperti itu?

Tips Anak Sulit atau Tidak Mau Tidur
Anak tidur orang tua senang, anak tidak tidur orang tua yang tidur. Memang gampang-gampang susah membuat anak untuk segera tidur. Namun jika anak kurang tidur juga kurang baik buat mereka. Anak mudah cepat lelah dan tidak konsentrasi adalah salah salah satu sebab anak kurang tidur.

Berikut ini ada beberapa cara atau tehnik agar anak mau tidur yang bisa dilakukan dirumah:
  1. Jika anak (balita) rewel, cobalah menggosok-gosok matanya dan segera letakan ditempat tidurnya.
  2. Gunakan musik atau pencahayaan yang redup saat anak akan tidur.
  3. Cerita pendek dapat menjadi penghantar tidur yang baik.
  4. Untuk anak usia 3 tahun, ajak anak untuk tidur setelah bermain.
  5. Untuk anak usia 5 tahun keatas, berikan anak buku cerita, agar ia dapat bermain tenang dan tidur dengan sendirinya.
Sekarang anak-anak sudah pada tidur, saatnya bunda juga istirahat ya... Terimakasih telah membaca artikel tentang lama waktu tidur atau istirahat anak sesuai uisa/umur dan jangan lupa share artikel ini agar lebih bermanfaat. Terimakasih :)

Baca juga:

Buka Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan, hinaan dan SARA tidak akan ditampilkan atau menjadi tanggungjawab penulis komentar.
Blogger
Disqus
Diskusi yuks...

No comments