Cara Memilih Perlengkapan Kamar Tidur Anak Dengan Mudah | Tips Anak Cerdas & Sehat
Cara Memilih Perlengkapan Kamar Tidur Anak Dengan Mudah

Cara Memilih Perlengkapan Kamar Tidur Anak Dengan Mudah

Cara Memilih Perlengkapan Kamar Tidur Anak Dengan Mudah - Salah satu yang perlu disiapkan untuk kamar anak sebelum anak menempatinya adalah perlengkapan kamar tidur yang benar-benar cocok dengan anak. Dengan memilih perlengkapan kamar tidur yang tepat akan membuat anak merasa nyaman, tenang dan betah berada didalam kamarnya. Tidak mudah memang dalam memilih perlengkapan kamar tidur untuk anak ini, agar Anda tidak bingung, dibawah ini ada beberapa tips yang bisa digunakan dalam memilih perlengkapan kamar tidur anak.

Memilih perlengkapan kamar tidur anak tidak hanya sebatas menarik, lucu, atau bentuknya yang unik tapi yang terpenting adalah anak mau atau tidak dengan perlengkapan yang telah disediakan, apakah sudah sesuai dengan keinginan anak atau tidak? Selain itu, aspek yang paling penting juga yang harus diperhatikan adalah keamanan dalam penggunaan perlengkapan yang telah disediakan.

Apa saja perlengkapan yang perlu disediakan untuk kamar anak? Tempat tidur, meja belajar, lemari, kursi kecil, kotak tempat mainan, aneka mainan dan sebagainya.

Cara Memilih Perlengkapan Kamar Tidur Anak Dengan Mudah

Cara Memilih Perlengkapan Kamar Tidur Anak Dengan Mudah

Sebagus apapun perlengkapan yang Anda sediakan untuk anak-anak jika tidak memperhatikan keamanan dan kenyamanan dalam penggunaan alat tersebut maka sama halnya dengan memberikan bahaya kepada anak-anak. Berikut beberapa hal penting dalam memilih perlengkapan kamar tidur anak:

Pilihlah Tempat Tidur yang Tepat
Untuk anak yang sudah bisa berjalan pilihlah tempat tidur yang tidak terlalu tinggi atau yang sangat mudah bagi anak untuk turun atau naik ke tempat tidurnya. Hal ini memiliki tujuan agar jika anak jatuh tidak menimbulkan cidera yang terlalu serius. Sedangkan untuk bayi, sediakan tempat tidur berupa tempat tidur boks dengan pembatas atau celah yang tinggi yang tidak bisa dinaiki oleh bayi saat mereka berdiri.

Selain itu, perhatikan setiap celah pada pembatas kamar tidur tersebut agar tidak terlalu lebar. Jika lubang-lubang celah terlalu lebar, akan membuat tangan atau kaki anak masuk ke celah tersebut. Dan hal ini bisa membahayakan anak, tangan dan kaki bisa terjepit.

Alas Empuk Dibawah Tempat Tidur
Sediakan alas empuk dibawah tempat tidur yang lebarnya melebihi lebar tempat tidur. Hal ini bertujuan agar anak tidak mengalami cidera yang terlalu serius jika terjatuh dari tempat tidur.

Hindari Bahan Dari Kaca
Hindari pemilihan alat-alat atau perlengkapan kamar tidur anak dari bahan kaca karena kaca mudah pecah dan ini sangat berbahaya bagi anak. Jika ingin menyediakan kaca bagi anak, perhatikan bingkai kaca yang digunakan, kuat atau tidak serta kualitas kaca itu sendiri. Beberapa furnitur seperti lemari saat ini memang dilengkapi dengan kaca, namun kualitas kacanya sangat tipis.

Selain bahan-bahan dari kaca, pemilihan bahan pada cat kayu dan jenis kayu yang digunakan didalam kamar anak juga perlu diperhatikan. Biasanya, untuk kamar yang masih baru, penggunaan cat tembok adalah salah satu faktor yang mengganggu kamar tidur anak karena bau dari cat tersebut.

Tempat Penyimpanan Mainan
Mainan adalah salah satu yang menjadi kebutuhan anak yang perlu disiapkan oleh orang tua. Dalam menyiapkan mainan untuk anak-anak, pilih mainan yang menjadi kegemarannya atau yang disukai oleh anak. Jangan menyediakan mainan yang tidak disukai oleh anak-anak karena akan membuat mainan tersebut menjadi "sampah' didalam kamar anak.

Selain menyediakan mainan, sediakan juga tempat khusus untuk menyimpan mainan anak tersebut. Hal ini bertujuan agar kamar tetap rapi dan juga memberikan pembelajaran pada anak agar selalu merapikan mainannya dan memasukkan kedalam tempat mainan.

Pemilihan Lemari Pakaian
Menyediakan lemari di kamar anak sama halnya dengan menyediakan tempat tidur anak. Sediakan lemari yang mudah di jangkau oleh anak saat memilih atau meraih pakaiannya.

Dengan memperhatikan beberapa faktor dalam memilih perlengkapan kamar tidur anak diatas, setidak membantu kita dalam meminimalisir hal-hal yang tidak kita inginkan. Kelima poin diatas adalah sebagian yang bisa kami jelaskan, masih banyak yang perlu diperhatikan dalam menyediakan atau mempersiapkan kamar untuk anak.

Faktor lain yang perlu diperhatikan selain perlengkapan yaitu jarak kamar anak dengan orang tua. Jangan sampai kamar anak jauh dari orang tua, misalnya kamar anak dilantai atas, kamar orang tua dilantai bawah. Kecuali kalau sudah dewasa.

Itulah beberapa cara memilih perlengkapan kamar tidur anak yang bisa kami sampaikan, semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda semua. Jangan lupa baca juga Lama Waktu Tidur atau Istirahat Anak Sesuai Usia/Umur

Baca juga:

Buka Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan, hinaan dan SARA tidak akan ditampilkan atau menjadi tanggungjawab penulis komentar.
Blogger
Disqus
Diskusi yuks...

No comments