Agar Anak Jarang Sakit, ini Rahasia Sederhananya | Tips Anak Cerdas & Sehat
Agar Anak Jarang Sakit, ini Rahasia Sederhananya

Agar Anak Jarang Sakit, ini Rahasia Sederhananya

Agar Anak Jarang Sakit, ini Rahasia Sederhananya - Ketika anak-anak tidak ceria, tidak mau makan, malas bermain, lemas dan tidak ceria adalah tanda-tanda ada masalah pada anak. Masalah yang paling sering dialami anak adalah sakit. Ketika anak anak sakit, kita sebagai orang tua menjadi tidak tenang, cemas atau khawatir. Apalagi jika anak-anak sering sekali sakit, membuat kita selalu bertanya-tanya "Kenapa anak saya sering sakit ya?"

Tidak ada anak yang tidak pernah sakit, semua anak-anak di Indonesia bahkan di dunia pernah merasakan sakit. Anak-anak memang dan rentan terhadap kuman yang membuat mereka mudah sakit. Keadaan seperti ini karena aktivitas mereka yang sangat aktif baik didalam rumah atau pun diluar rumah. Ketika mereka melakukan aktivitas, mereka tidak tahu dan tidak peduli, yang penting mereka melakukan dan membuat mereka senang.

Agar Anak Jarang Sakit, ini Rahasia Sederhananya
Namun jika aktivitas mereka selalu dibiarkan seperti ini, bermain dan bermain tanpa diawasi dan dibatasi, maka akan membuat anak lebih mudah rentan terkena penyakit. selain bermain, anak juga butuh istirahat, butuh belajar. Untuk itu, kapan anak menjadi kotor dan kapan anak menjadi bersih adalah salah satu faktor yang membantu menjaga kesehatan anak sehingga anak tidak mudah sakit atau jarang sakit.

Agar Anak Jarang Sakit, ini Rahasia Sederhananya

Agar anak jarang sakit atau tidak mudah sakit, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan dengan sangat mudah dan sederhana sekali. Berikut tips bagaimana agar anak jarang sakit yang bisa dilakukan di rumah:
Jaga Kebersihan Tangan Anak
Kebiasaan mencuci tangan dapat mengurangi kuman dalam tangan sehingga kemungkinan untuk tertular sakit dari berbagai kuman seperti sakit pernapasan, pencernaan, dan kulit sangat mudah dihindari. Untuk itu, ajak dan bantu anak untuk terbiasa mencuci tangan dengan benar (digosok hingga sela-sela jari) sekitar 20 detik setelah pulang sekolah, bermain, buang air, dan sebelum makan.

Ingat, kuman terbesar yang ada di dunia ini ada di tangan

Bergerak Aktif Setiap Hari
Jangan biarkan anak hanya selalu didalam rumah meskipun banyak sekali macam-macam permainan yang Anda berikan. Namun sering-sering juga lah anak untuk bermain diluar rumah. Bermain didalam atau diluar rumah sama halnya dengan anak melakukan aktivitas tubuh yang tentunya sangat baik untuk stamina mereka. Apalagi jika bermain diluar rumah, cahaya matahari di pagi hari sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Tidur atau Istirahat Cukup
Sering bermain juga tidak baik untuk kesehatan anak-anak. Terlalu banyak waktu yang digunakan untuk bermain, akan membuat anak mudah lelah, sehingga mudah terserang berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang diderita anak karena kurang istirahat adalah flu dan demam.

Baca Juga: Lama Waktu Tidur atau Istirahat Anak Sesuai Usia/Umur

Konsumsi Nutrisi Seimbang
Tidak perlu suplemen tambahan untuk menjaga kesehatan anak, menu makanan sehari-hari jika kita mengaturnya dengan bijak akan membuat kebutuhan nutrisi akan tetap terjaga dengan seimbang. Buah dan sayuran sangat baik untuk menjaga kesehatan anak dan membantu menjaga daya tahan tubuh anak. Jadi perhatikan kebutuhan nutrisi dan gizi anak agar anak tidak mudah sakit.

Sangat sederhana, namun terkadang kita sebagai orang tua agak kurang fokus dalam memperhatikan kebutuhan dan keadaan anak. faktor orang tua juga menjadi salah satu pemicu yang menyebabkan anak mudah sakit. Untuk itu, agar anak jarang sakit, perhatikan dan awasi anak dengan baik. Terimakasih.

Baca juga:

Buka Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan, hinaan dan SARA tidak akan ditampilkan atau menjadi tanggungjawab penulis komentar.
Blogger
Disqus
Diskusi yuks...

No comments