Aplikasi Pintar Android Agar Anak Menjadi Pintar & Cerdas | Tips Anak Cerdas & Sehat
Aplikasi Pintar Android Agar Anak Menjadi Pintar & Cerdas

Aplikasi Pintar Android Agar Anak Menjadi Pintar & Cerdas

Aplikasi Pintar Android Agar Anak Menjadi Pintar & Cerdas - Saat ini banyak sekali aplikasi Android yang menyediakan dalam berbagai bentuk. Aplikasi untuk anak pintar tersebut digadang-gadang mampu memberikan solusi untuk meningkatkan kecerdasan dan kepintaran anak. Tidak hanya di Android saja yang menyediakan aplikasi anak pintar, di sistem operasi lainnya seperti iOS, Windows, dan Linux juga menyediakan aplikasi serupa.

Namun yang menjadi pertanyaanya adalah: Benarkah aplikasi-aplikasi yang disediakan oleh pihak pengembang di Android, iOS, dan Windows tersebut bisa membantu anak menjadi pintar atau cerdas setelah menggunakannya?

Aplikasi Pintar Android Agar Anak Menjadi Pintar & Cerdas
Tentu saja tidak, seberapa banyak pun jenis aplikasi permainan yang terpasang di smartphone Anda tidak akan bisa membuat anak menjadi cerdas, malah mungkin sebaliknya. Kenapa tidak bisa? Karena memasang aplikasi pintar untuk anak di ponsel adalah salah satu yang akan membawa anak menuju kebodohan jika dilakukan dengan cara yang salah atau membiarkan mereka bermain sendiri dengan aplikasi tersebut.

Anak jika sudah disodorkan sebuah aplikasi tertentu didalam sebuah ponsel, maka ia akan mengamati seberapa menarik aplikasi yang dimainkan tersebut. Jika aplikasi yang dijalankan dirasa membosankan maka anak akan melupakan aplikasi tersebut. Disinilah masalah akan mulai muncul. Anak akan meminta aplikasi sejenis yang lebih banyak lagi yang membuatnya mereka merasa terhibur dan ujung-ujungnya jika anak dibiarkan seperti itu makan bukan lagi aplikasi pintar yang mereka mainkan tetapi permainan atau games-games yang lebih menarik dari sebuah aplikasi pembelajaran.

Untuk itu, ketika Anda ingin memberikan solusi belajar untuk anak dengan memberikan aplikasi pintar didalam ponsel, perhatikan terlebih dulu beberapa hal berikut ini:
  1. Usia anak. Jangan biarkan pada usia dini anak sudah diperkenalkan dengan ponsel. Sediakan permainan konvensional yang lebih baik. Secanggih apapun ponsel Anda, tentu belum cocok untuk perkembangan anak.
  2. Jenis Permainan. Jangan memberikan permainan kepada anak dalam gadget. Secanggih apapun gadget yang Anda berikan akan membuat anak menjadi malas.
  3. Waktu. Gunakan wanktu anak untuk belajar secara mandiri dan sediakan waktu terbaik Anda untuk anak-anak Anda dalam memberikan bimbingan dan perhatian. Jangan biarkan waktu anak-anak dikuasai oleh gadget.
  4. Perhatian. Jika memang terpaksa ingin memberikan anak aplikasi pintar didalam ponsel untuk anak Anda. Temani mereka cara penggunaannya atau cara memainkannya. Jangan biarkan mereka bermain atau belajar sendirian dengan ponsel karena akan membuat mereka menjadi ketergantungan pada ponsel atau gadget.
  5. Milik Sendiri. Jangan membelikan anak gadget atau ponsel pada usia dini atau pada usia 0 - 13 tahun karena jika Anda memberikan ponsel secara khusus kepada mereka, maka mereka akan menjadi pribadi yang tertutup karena sudah sibuk dengan ponsel mereka dan melupakan masa-masa bermain atau masa-masa untuk tumbuh kembang dengan baik.
Jadi jangan mengharap anak pintar atau cerdas secara instant dengan memberikan mereka aplikasi-aplikasi pembelajaran dengan menggunakan atau melalui ponsel. Memang banyak sekali aplikasi pintar di Android yang tujuan mungkin bisa membuat anak menjadi pintar atau cerdas namun tidak begitu caranya. Didik dan berilah ilmu secara konvensional akan membuat mereka tumbuh dan berkembang lebih baik.

Baca juga:

Buka Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan, hinaan dan SARA tidak akan ditampilkan atau menjadi tanggungjawab penulis komentar.
Blogger
Disqus
Diskusi yuks...

No comments